Mythomania

Hai lagi kawan-kawan semua.
kembali lagi gue ingin curcol-curcol cantik sedikit. karena emang gue lagi liburan jadi harus sering-sering ngurusin blog ini biar mimpi gue dikenal seluruh dunia terwujud. buahahaha.

Gue mau ngomongin masalah serius kali ini. *pakai kacamata* 
Gue mau ngomongin Mitomania/Mitomaniac/Mythomania ini semacam gangguan kejiawaan seseorang gitu guys~ dan gue yakin satu dari sekian banyak temen-temen kalian pasti ada yang terkena gangguan jiwa Mitomaniac ini. Gue tahu masalah gangguan jiwa ini dari suatu Fanbase RolePlayer, dan gue tertarik banget share masalah ini kepada semua orang.

   Oke langsung aja! Mitomatiac biasanya disebut Pathological Lying dalam bahasa Ingris, yaitu perilaku kebiasaan atau kompulsif berbohong. (udah tertarik belum?)
Meskipun berbohong adalah topik yang kontroversial, patologis berbohong telah didefinisikan sebagai "pemalsuan sepenuhnya proporsional untuk setiap akhir dilihat dalam pandangan, mungkin luas dan sangat rumit, dan dapat bermanifestasi selama periode tahun atau bahkan seumur hidup" serem nggak? berbohong bisa seumur hidup. 
  Kita mungkin menyadari mereka berbohong, atau mungkin percaya bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya, yang tidak menyadari bahwa mereka berhubungan fantasi.  Rata-rata usia onset adalah 16 tahun ketika tingkat kecerdasan rata-rata atau di atas rata-rata. Juga, mereka telah menunjukkan di atas permukaan kemampuan verbal sebagai lawan kemampuan kinerja. 30% dari subyek memiliki lingkungan rumah yang kacau, di mana anggota tua atau keluarga memiliki gangguan mental. Kejadiannya ditemukan oleh penelitian untuk menjadi sama pada wanita dan laki-laki tetapi beberapa percaya itu terjadi lebih banyak pada wanita. Tapi gue menemukan banyaknya temen cewek gue yang menderita penyakit ini.

  Sekarnag gue mau menyimpulkan sifat penderita Mythomania ini. jerejengjeng....cus~~~~!!

  • Terkadang seorang Mythomania/Mitomaniac ini nggak sadar kalau ia sedang berbohong.
  • Mereka juga susah membedakan mana yang kenyataan dan mana yang hanya dalam imajinasinya semata.
  • Mythomania ini akan berbohong karena merasa gagal dalam urusan pribadinya seperti Persahabatan, percintaan, atau bahkan keluarganya dll.
  • Mythomania cenderung berbohong karena ia ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.
  • Mythomania punya pesona memanipulasi, ia pandai menemukan kalimat dan sikap yang tepat yang dapat membuatnya dicintai dan diakui.
  • Ketika kebohongannya sudah mulai tercium oleh orang lain, ia akan berusaha berbohong lagi-dan lagi untuk meyakinkan kebohongan sebelumnya.

  Nah sekarang kita bahas ciri-cirinya.

  • Suka mebesar-besarkan sesuatu. [Misalkan; "eh, iPad geu ilang, iPad gue ilang!!" udah lebay kesana kemari, padahal dia belom nyari. ]
  • selalu menimpali bahwa dirinya lebih baik dari apa yang kita bicarakan. [Misalkan; "Kemarin line aku dibales sama Paulo Sitanggang TIMNAS U-19. aku seneng banget.." dan si'Mythomania menimpali, "Baru juga TIMNAS U-19. aku malah pernah ngobrol langsung sama Paulonya, diakan lahirnya di Medan , dia orang batak." See, terkadang Mythomania juga gak pintar, Paulo itu lahirnya di PEKANBARU bukan di Medan. ini contoh.]
  • Menciptakan realitas untuk dirinya sendiri. Dia suka mengarang cerita tentang kehidupannya kalau ia begini, ia begitu. padahal itu hanya kebohongan belaka. [Misalkan "Kemarin temen aku baru dateng dari Australia, tadi pagi aku dianterin sama dia kesekolah, dia ganteng banget tadi." kata dia.... dan kalau kita tanya, "Oh, ya? seriusan kamu? mau ketemu dong... suruh dia jemput kamu lagi." dan dia akan menjawab. "Yah.... dia udah balik lagi ke Australia." See, katanya temennya baru dateng kemarin, sekarang udah balik lagi ke Australia. jadi temennya jauh-jauh dari Australia ke Indonesia hanya untuk mengantarnya ke SEKOLAH? Oh guys~ pengen banget gue punya temen kayak gitu.]
  • Karena mereka tidak menghargai kejujuran, mereka juga tidak bisa menghargai kepercayaan.
  • Bisa berbohong untuk sesuatu hal yang sepele. [Misalkan, "Kemarin aku makan Pizza Hut, ada menu baru tau." dan dia langsung menyambar. "Ih, di Domino Pizza juga ada menu baru." padahal ia ngarang. dan ini contoh hal spele ia berbohong agar ia membuktikan ia lebih hebat.]
  • Bisa merubah cerita setiap saat. [Misalkan, kemarin baru bilang ortunya manager, sekarnag bilang ortunya direktur.]
  • Berbohong ketika sangat mudah untuk jujur. [Misalkan, "Kamu ngerti nomor 10?" dan dia menjawab. "Ya ngerti, lah. gampang banget." Padahal dari tadi ia pusing ngerjainnya. dan gengsi gak mau di lihat rendah, maunya ia yang selalu hebat. padahal kalau jujurkan temennya juga pasti mau bantuin.]
  • Selalu terlihat baik pada pandangan pertam, tapi kalau setiap hari dekat-dekat, pasti jadi menyebalkan.
  • Tidak mengakui kalau berbohong. biasanya akan mengalihkan pembicaran kalau pokok pembicaraan sudah mengarah cerita yang tadi ia karang sendiri.
  • Berbohong untuk mendapat simpati.

    Ya, jadi begitulah kira-kira, gimana? Punya temen yang kena gangguan macam Mythomania ini? Serem ya. Gue jujur aja, beberapa teme gue banyak yang gue tau terkena gangguan jiwa ini, ya masalahnya satu. kecewa sama hidup.
Atau mungkin elo-elo pada ada yang menderita gangguan ini? Gue sih, hanya memberikan saran. cobalah menerima kehidupan kalian dengan lapang dada. Dan cobalah berhenti untuk membuat imajinasi kalian sebagai pokok pembicaran ditengah-tengah lingkungan. cobalah tuangkan imajinasi harapan kalian dalam bentuk karya lain seperti lagu, puisi, atau cerita. itu lebih baik ketimbang berbohong dan memanipulasi. kalau orang lain tahu, kalian pasti bakalan malu. Malu banget! :)
 So? coba berhenti memanipulasi :)

Sgitu aja dari gue, Thankyou :)
oh, jangan lupa follow Twitter gue :)

Comments

  1. Widihh .. abiigaillll .. u masih inget gw ga nih? Temen sd,smp u? Gw liat u tmbh pinter nih ..udh jago jd penulis, akutansi sama piskolog haha .. gw tunggu blog u ug baru lgi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget dong! apa kabar bro?
      tetep pantengin blog gue dan bantu promot ya, biar keinginan gue terkenal seluruh dunia tercapai hueheheheh

      Delete

Post a Comment

Popular Posts