Thursday, 21 April 2016

KEPRIBADIAN IFNJ - TEST KEPRIBADIAN

 LOHALO man-teman! Kembali lagi bersama gue si blogger yang (masih) mencoba untuk konsisten. Maaf ya, target gue mau nge posting awal April setelah UN malah molor hampit dua minggu. Gapapa lah, ya, yang penting masih nongol.

Nah kali ini gue mau ngebahas salah satu kepribadiaan seseorang, ya sebenernya ini juga kepribadiaan gue sendiri sih. Kepribadian ini berdasarkan test kepribadian di “MBTI”. Kalian juga bisa ikut test ini, lho. Tinggal cari aja di google udah banyak.

Nah salah satu dari sekian banyak kepribadian ini adalah “INFJ” atau IntroversionIntuitionFeelingJudgemen. Dan INFJ ini adalah salah satu kepribadian yang paling langka di dunia, presentasenya Cuma 1% populasi, dan gue adalah salah satu diantaranya! WOHOOOO gue nggak tau kenapa, seneng aja gitu.

INFJ adalah seorang intorvert yang merasakan menggunakan intuisi (Intuition), membuat keputusan dengan menggunakan perasaan (Feeling), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judgement). Walaupun INFJ terlihat sangat pendiam, namun orang-orang dengan kepriadian INFJ biasanya memiliki opini yang kuat terkait dengan hal-hal yang dianggap penting dalam kehidupannya. Bila INFJ berjuang untuk sesuatu ini dikarenakan mereka percaya pada ide itu sendiri, bukan karena alasan-alasan yang mementingkan dirinya sendiri. Kekuatan INTJ dan inspirasinya datang dari kekayaan imajinasi dan fantasinya. INFJ sangat teliti dan memegang nilai-nilai. Mereka mencari makna dalam hubungan, ide, dan peristiwa, dengan mampu memahami dirinya dan orang lain. Mereka mampu menggunakan keterampilan intuitif mereka, mereka mengembangkan visi yang jelas dan percaya diri, bertujuan untuk memperbaiki kehidupan orang lain. INFJ menganggap masalah sebagai kesempatan untuk merancang dan menerapkan solusi kreatif.

Nah, sebelum lebih jauh coba kalian ikut test kepribadian di sini, dan kalau udah dapet hasilnya silahkan kalian cari lebih jauh tentang apa dan karakteristik apa yang sebenernya ada dalam kepribadian kalian nah untuk yang dapet hasilnya sama atau punya temen yang kepribadiannya sama kaya gue yaitu INFJ, yok sama-sama kita cari apa sih karakteristik orang-orang INFJ itu.


·      Sangat tertutup dan penyendiri. INFJ dengan fungsi Introvert yang lebih dominan, membuat mereka menjadi sosok yang sangat tertutup. Walaupun mereka kerap memberikan masukan dan nasihat kepada orang lain, tapi mereka tidak mau orang lain mengetahui permasalahannya. Seperti kebanyakan introvert lain, mereka lebih suka sendirian daripada menghadapi keramaian.

·         Hangat, lembut dan peka. Berkat fungsi Feeling yang kuat, INFJ memiliki perasaan yang besar dan sensitif. Mereka juga pendengar yang baik. Sehingga orang lain akan nyaman curhat kepada INFJ. INFJ yang peka terhadap perasaan orang lain, akan memberikan nasihat dengan hangat dan lembut. Alasan lain kenapa mereka disebut The Counselor.

·         Tekad kuat dan penuh gairah. Walau terlihat lesu dan tidak bersemangat, sebenarnya INFJ adalah tipe pekerja keras dan bertekad kuat dengan apa yang mereka percayai. Mereka punya gairah akan sebuah pencapaian. Gairah tersebut sering membuat terkejut orang lain yang belum terbiasa dengan mereka.

·         Ahli komunikasi tertulis. Ciri khas dari INFJ adalah bahasanya yang halus dan hangat. Mereka memiliki gaya bahasa yang unik dan penuh metafora. Bahasa tulisnya tersebut yang membuat mereka terlihat intelek, sekaligus tampak aneh di mata orang. Namun, berkat fungsi Feeling yang mudah memahami perasaan orang lain, membuat tulisan mereka sangat inspiratif.

·         Anti terhadap konflik dan debat. INFJ sangat tidak menyukai kelicikan, kekejaman, kecurangan dan cukup keras dengan  prinsip hidupnya. Mereka mengemukaan hal-hal positif dan enggan memberikan kritik kepada orang lain, karena mereka tidak ingin menyakiti orang lain.

·         Rawan “overheating”. Tekad dan gairah INFJ kadang terlalu kuat dan tidak terkendali. Hal itu membuat cadangan energi internal mereka cepat terkuras habis. Maka INFJ perlu lebih banyak waktu sendirian untuk mengisi energi.

·         Kreatif dan tegas. INFJ memiliki imajinasi yang tinggi. Imajinasinya yang hidup dan rasional membuat mereka tampak kreatif. Kombinasi antara imajinasi dan sifat tegas mereka, membuat mereka dengan mudah mencapai hal-hal yang besar. Mereka tidak hanya memiliki ide-ide besar saja, namun mereka juga bertekad untuk mewujudkannya.

·         Perfeksionis dan idealis. INFJ selalu berusaha untuk mencapai segala sesuatu dengan sempurna. Asalkan sesuai dengan tujuan mereka. Apabila tujuan mereka tidak tercapai, atau mereka bekerja diluar tujuan, mereka akan mudah merasa sangat kecewa. Ini merupakan sisi positif dari INFJ, namun bisa menjadi sisi negatif juga. Misal ketika mereka mencari pasangan. Mereka kesulitan membangun hubungan yang romantis dengan pasangan, karena selalu mencari pasangan yang ideal bagi mereka.

·         Wajah lesu tidak bersemangat. Dibalik sifatnya yang penuh tekad dan gairah, tampak luar seorang INFJ terlihat lesu dan tidak bersemangat. Bahkan terkadang mereka terlihat sangat menderita. Padahal mereka sama sekali tidak merasakan itu semua. Ketika mereka bahagia, INFJ hanya menorehkan senyum tipis seadanya.

·         Pakaian sederhana. Ketika INTJ tidak terikat mode fashion sama sekali, INFJ sepertinya tidak sepenuhnya seperti itu. Mereka punya cara sendiri untuk mengikuti mode fashion. Mereka sebut dengan “sederhana”. Walau bagi sebagian orang lain melihat itu bukanlah mode fashion terkini. Namun, ada beberapa INFJ pria yang lebih suka dengan pakaian modis mengikuti tren.

Nah, mungkin segitu dulu aja, yak dari gue. Buat yang lebih lengkapnya, ya kalian cari aja sendiri di mbah, gue Cuma buka jalan aja buat kalian. Oh, ya dan dengan adanya test kepribadian ini kalian bisa tau karir mana yang lebih baik kalian ambil sesuai dengan kepribadian kalian masing-masing. Selamat mencoba! I will se you guys on the next post!