Tuesday, 22 July 2014

si BUNGSU dengan mitos dan faktanya.

Ketika ngeliat judul postnya, gimana menurut kalian? Sukup mengangkat alis?

    Kali ini gue mau bahas tentang si Bungsu, si Bungsu yang gue maksud ini, bukan tentang 'anak bungsu' tapi..... yeah. "GIGI BUNGSU". MUAHAHAHAHA
Kenapa mau bahas gigi bungsu? ya atuh suka-suka gue dongs. Lol. Nggak, gue bercanda. Gue bahas ini karena gue baru aja dapet keberuntungan yaitu gigi Bungsu ini numbuh. Jadi ceritanya seperti ini,
*Flashback* 
       Siang itu matahari bersinar dengan teriknya, membuat aspal-aspal jalanan mengeluarkan uap, karena kepanasan. Saat itu aku sendiri, aku berjalan, aku melangkah dan terus melangkah, menunggu sang supir dengan mobil BMW warna putihnya lewat menjemput. (baca; ANGKOT). Tetapi aku kurang beruntung, dia sudah pergi, meninggalkanku, dan tak kembali hanya dalam waktu lima belas menit, dan aku harus tterus melangkah hingga sampai dirumah sebelum matahari terbenam.
       Haus dan letih yang kurasa, ingin rasanya menyetop siapa saja yang lewat menggunakan motor, meminta tolong mengantarku kerumah. Tapi apadaya, gengsi ini terlalu tinggi. Dan saat itulah aku melihat didepan sana, ada sebuah bilik dengan tulisan 'ES KELAPA' didepannya..... 
STOP!!!! Flashback END!

Jadi, sebenernya setelah gue minum es kelapa itu, kelapanya nyangkut di gigi gue. Gue coba mencungkil-cungkil kelapa yang nyangkut itu dengn lidah, tapi dia nggak mau keluar karena nyangkut di gusi belakang atas. Setelah gue sampe dirumah dengan letih, gerah, lusuh, menyedihkan, gue langsung masuk ke dalam kamar mandi lalu mencungkil itu kelapa dengan tangan. Dan...... jengjeng!!!!! Pada saat itulah gue merasa dia sudah ada, tumbuh dalam diri gue. Sang GIGI BUNGSU.

Banyak mitos-mitos dan pengertian-pengertian tentang gigi bungsu ini. Dan pertama gue mulai nanya, "Apa sebenernya fungsi ini gigi bungsu? Kayaknya tanpa dia pun, gigi gue yang lain masih berfungsi untuk mengunyah daging. Justru dengan adanya gigi bungsu yang masih sebesar ujung kuku ini membuat banyak makanan yang gue makan nyangkut disana."
Akhirnya gue menyuarakan pertanyaan gue ke Nenek/Ama gue, Mami gue, IIh/Tante gue, bahkan beberapa saudara-saudara dan temen gue. Begini kira-kira;

Gue: "Mi, numbuh gigi bungsu nih, gunanya buat apa coba?"
Nyokap: "Oh, yaudah. Ya gunanya buat nambahin aja, ngisi kekosongan gusi itu."
Gue: "........" 
Jawaban pertama yang gue dapat tentang fungsi gigi bungsu: MENGISI KEKOSONGAN GUSI.

Gue: "Ama, baru tumbuh gigi bungsu, fungsi gigi bungsu apaan, deh?"
Nenek: "Ya emang udah harus numbuh, yaudah."
Gue: "......"
Jawaban kedua yang gue dapat tentang fungsi gigi bungsu: MEMANG SUDAH HARUS TUMBUH.

Gue:"Ih, sudah capek ngasih tau kalau aku baru dapat gigi bungsu, intinya mau nanya, gigi bungsi itu gunanya apa?"
Tante:"Ya buat ngunyah, lah."
Gue:"Yaa  semua gigi emang buat ngunyah."
Tante: "Ya mungkin yang ini lebih kuat."
Gue: "....."
Jawaban ketiga yang gue dapet tentang fungsi gigi bungsu: UNTUK MENGUNYAH LEBIH KUAT.

Gue: "Eh fungsi gigi bungsu itu apa, sih?"
Temen-temen: "Mikir aja, ya buat nguyah." "Biar nambahin gigi." "Memperindah gigi." "Biar makin gede itu mulut.
Jawaban keempat-kelima dst. gak ada juga yang memuaskan.

Untungya gue hidup ketika dunia sudah modern dan sudah menemukan teknologi, jadi gue putuskan juga untuk cari di mbah Gugel.
Jadi ini sebenernya fungsi gigi bungsu: 
"Jaman dulu, orang-orang nggak mengenal gigi palsu, dan gigi-gigi mereka tanggal dengan cepat. Entah karena faktor makanan atau apapun gue gak tahu-karena gue hidup bukan di jaman purba-. Jadi ketika gigi-gigi mereka mulai tanggal, adanya gigi bungsu yang baru tumbuh pada saat seseorang sudah mulai dewasa ini sangat membantu untuk menggantikan posisi gigi lain yang tanggal." Yah cukup masuk akal juga, ya. 

Lalu ada juga yang mengatakan kalau gigi bungsu ini harus di cabut. Menurut gue nggak harus. Kenapa? Karena pencabutan gigi bungsu tersebut hanya dilakukan kalau gusinya tidak cukup untuk menampung gigi bungsu tersebut. Kalau cukup, kenapa harus dicabut? Tau, nggak? Gigi bungsu cabutnya itu termasuk operasi kecil, loh.
Jadi intinya Mitos tentang gigi bungsu ini harus dicabut itu ya hanya sekedar mitos, gigi bungsu hanya dicabut kalau tempat di gusi kita nggak cukup.


Yaudah, sih. itu aja. Mau nanya-nanya tentang gigi bungsu lainnya sama gue? mention aja di @abigaillovelya sang dokter GIGI BUNGSU!

Sampe ketemu di post selanjutnya! ^^ Thankyou~

No comments:

Post a Comment