Sunday, 20 July 2014

Seseorang yang terinspirasi oleh Orang yang MENGINSPIRASI

     WOI!! Haha, ketemu lagi dong sama gue yang cantik ini. <someone say: "Loh, kata lo di post lo sebelum-sebelumnya, lo ini ndak cantik, gimana toh?> Yaudah anggap aja sekarang gue ini cantik. Kok repot? :v

 Kali ini gue mau bahas tentang cita-cita GUE, udah tau kan cita-cita gue apa? tau dong? kalau nggak tau berarti belum baca post gue sebelumnya nih. Ih ga apdet deh :( Iya deh gue kasih tau aja, cita-cita gue ini penulis..... keren gak? Keren dong. Kalau kalian cita-citanya jadi apa?

        Nah karena sekarang mau bahas cita-cita GUE, bukan cita-cita lo pada, jadi gue mau bahas semua tentang "Menulis", dan "Penulis" but first.... <someone say: "Let me take a selfie."> Bukan woy, bukan. Pertama, gue mau memberikan arti menulis bagi gue.

  Menurut gue, menulis itu membuat karya, menuangkan semua imajinasi yang ada dalam kepala gue, menuangkan isi hati, menuangkan harapan juga. Saat gue menulis, gue berasa masuk ke dunia kedua gue, kalau membaca, gue masuk ke dunia si penulis cerita, dengan menulis gue masuk ke dunia gue sendiri, gue yang nentuin alur, plot, latar, dsb.
  Gue sering nulis dari SD sih, pertamanya nulis buku harian, tapi sejak nyokap neemuin buku harian gue (karena gue selebor, gue aja lupa saat itu gue taruh itu buku dimana) dan nyokap baca-baca tanpa gue tau, gue jadi gak mau lagi nulis buku harian. Nah sejak SMP gue kembali nulis-nulis, biasanya sih cuma sekedar nyoret-nyoret kertas dengan kalimat-kalimat yang gue susun sebagai pengungkapan isi hati gue, tapi sejak liburan naik kelas 3 SMP atau kelas sembilan semangat buat nulis novel semakin kuat setelah gue ngobrol-ngobrol sama penuls novel Beautiful Soul yaitu Ce Stefiani Emasurya. Gue bakal bahas dia nanti. Nah, dari awal kelas sembilan gue mulai nulis itu novel, tapi sempet mandek karena beberapa faktor, termasuk UN, lalu gue pindah rumah dan masuk ke SMK.
  Setelah di SMK gue baru punya niat lanjutin novel yang tinggal 3 BAB itu di semester dua. Sekitar bulan Januari 2014 gue terpacu lagi sejak baca buku Scrap Book penerbit Gagas Media, dan gue lupa nama penulisnya siapa. hehe. Dan akhirnya cuma beberapa hari aja setelah gue memulai lagi untuk menulis selesai deh novel gue. Sekarang masalahnya di pengetikan, gue itu males banget yang namanya ngetik, soalnya keyboard gue nggak enak banget, jadi sering typo dan sebagainya. dan akhirnya novel gue belom selesai diketik hingga saat ini. (padahal tingal satu bab lagi yang belom diketik) Walaupun begitu, gue udah masuk buku ke-dua loh, ya walaupun baru bab awal aja, soalnya mau selesain novel pertama dulu, kalo langsung dua-duanya di kerjain atuh gue puyeng dan gak fokus.

        Nah sekarang gue mau ngebahas tentang Penulis dan bukunya yang menurut gue TOP punya. Cekidaw~~!

  1. Pertama, Esti Kinasih. Pertama, gue baca buku Tante Esti judulnya "Jingga dan Senja" dan setelah baca novel ini, gue jadi  addict banget sama novel. Kemudian gue juga baca lanjutannya Jingga dan Senja yaitu Jingga Dalam Elegi, dan masih menunggu terbitnya Jingga Untuk Matahari yang belum terbit-terbit juga :( Selain itu juga gue udah baca Fairish, dan Dia Tanpa Aku semuanya keren banget-banget, dari bahasa yang di pakai, dan caranya membuat cerita fiksi ini bener-bener terlihat nyata.
  2. Kedua, Debbie Widjaja. Nama lengkapnya Debora Patra Widjaja. Pertama gue baca Novel-nya Ce Debbie ini yang judulnya Honey Money, ini buku kedua dia. Dan karena merasa, 'kok ini cerita mirip-mirip gue yak' setelah membaca sinopsis dibelakang bukunya. Akhirnya beli juga deh, beserta beberapa novel lain. (baca; waktu itu lagi diskon 25% pake debit BCA). Lalu nemuin buku pertamanya, lupa antara di perpus sekolah atau di rumah temen. Judul bukunya Not Just a Fairy Tale, dan gue baca. ceritanya sama.... keren. Lalu, gue ngikut kuis novel Ce Debbie yang ke tiga, yaitu FOLLOW @MerryRiana . dan gue menang tjoy! Dapet deh novel gratis bertanda tangannya. Seneng banget, gue sampe nggak keluar rumah beberapa hari nungguin novelnya dateng. Nah gue terinspirasi banget sama Ce Debbie itu karena dia bisa nyelesain novel Honey Money hanya dalam waktu 3 minggu (baca; TIGA MINGGU) gue kagum banget. Dan dia juga kuliah, kerja, pelayanan di Gereja. pokoknya benar benar menginspirasi. 
  3. Ketiga ada Stefiani Emasurya. Nah novel Beautiful Soul-nya Ce Stefi ini yang bikin gue terpacu untuk menulis novel. Ce Stefi sama kayak gue, dia nulis ngumpet-ngumpet. Nulis saat detik-detik menuju UN cuma bedanya novel Ce Stefi kelar dan terbit, kalau gue masih ngedekem di file PC. Dia low Profile banget, humble, mau ngajarin gue selama menulis, mau di repotin segala macem pertanyaan freak gue. Gue janji nama dia bakalan ada novel gue kalau suatu saat terbit, karena semua motifasinya, semua yang diajarin, semua masukannya gue bisa juga nyelesain novel gue sendiri.
  4. Keempat ada Kevin Anggara. Novel dia ini judulnya student Guidebook for Dummies. Jujur aje gue belom baca bukunya dia, haha. <someone say; "Nah, gimana caranya lo mau ngebahas dia kalau belum baca bukunya?"> eits.. tenang dulu. Awalnya gue cuma tau dia sebagai seorang rubikers lalu demen bikin viedo di IG dalam komunitas Indovidgram. nah setelah gue stalking-stalking dia ternyata penulis tjoy! Nah, gue gamau bahas bukunya karena gue belom baca, gue mau bahas orangnya aja. Dia setahun diatas gue, dan dia bener-bener smart. Pinter banget main rubiknya, terus dia juga jago bikin-bikin video yang kreatif, jago ngeditnya pula. Nah yang bikin gue muali terinspirasi, dia juga yang ternyata awal mula adanya Schoollegevidgram (terinspirasi juga dari Indovidgram) lalu yang paling bikin gue tambah terisnpirasi dia nyelesain bukunya hanya dalam waktu  2 minggu (baca; DUA MINGGU) gue salut banget sama dia, dia juga Bloger. Nih blognya kevinanggara.com nah dia juga yang bikin gue semangat mau nge blog lagi setelah 4 tahun lalu bikin blog dan ga keurus. Intinya gara-gara gue terinspirasi sama Kevin, blog ini ada.
  5. Kelima, Keenam, Ketujuh, dst ada Irena Tjiunata, Stephanie Zen, Laurentia Dermawan, dsbnya yang gak bisa gue jelasin satu-satu. Pokoknya mereka bener-bener menginspirasi gue buat semakin baik lagi dalam menulis

    Nah buat kalian yang pemula banget dalam dunia tulis-menulis, coba deh stalking-stalking beberapa penulis diatas, siapa tahu kalian bisa terinspirasi sama seperti gue terinspirasi? :) Lalu...... soal novel pertama gue, doain aja supaya cepet terbit, dan ada novel kedua, ketiga, keempat, kesepuluh.

   Thanks banget buat kalian yang udah nyempetin waktu baca postingan gue ini, gue akan usahain ada post baru setiap harinya selama quota modem masih mencukupi. HEHEHE :))
jangan lupa follow Twitter gue ya!! dan jangan lupa commentnya ^^ lafyuu~

1 comment:

  1. gue ngikutin postingan lu lho! keren2 deh :) mudah2an novel2 lo cepet terbit, karna gue udah gak sabar baca. hihi

    ReplyDelete